Cara Jitu Berhemat Uang & Pengeluaran Selama WFH & Pandemi Corona


Salah satu dampak dari karantina di rumah selama masa pandemi dan kebijakan work from home adalah berbagai tagihan yang naik dari jumlah biasanya. Yang biasanya seharian charging laptop atau pakai internet di kantor, jadi harus pindah ke rumah. Yang biasanya semua orang di rumah keluar buat beraktivitas masing-masing dan listrik bisa dimatikan, sekarang jadi di rumah semua untuk waktu yang cukup lama. 

Tagihan atau pengeluaran yang jadi double karena efek WFH dan Corona tentu nggak bisa dibiarkan terus menerus. Sebab, dampak dari Corona diprediksi akan masih panjang. Itu sebabnya, kita semua harus sesegera mungkin melakukan cara untuk berhemat uang dan juga pengeluaran setiap harinya. Nggak mau kan tiap bulan anggaran keuangan jadi boncos? Maka dari itu, yuk lakukan 4 cara ini untuk berhemat: 

Manfaatkan fitur kredit pay later dan aneka diskon untuk belanja kebutuhan

Kebutuhan yang paling penting selama karantina di rumah adalah kebutuhan primer seperti stok bahan makanan, listrik, air, dan akses internet yang memadai terutama bagi yang WFH atau belajar dari rumah. Nah kebutuhan ini bisa dihemat salah satunya dengan cara proaktif berburu diskon di e-commerce hingga memanfaatkan fitur kredit atau pay later tanpa bunga seperti yang ditawarkan Kredivo

Dibanding pay later lain, apa kelebihan Kredivo? Sebab, Kredivo sudah memiliki mitra e-commerce yang berjumlah ratusan termasuk yang populer di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Blibli, dsb. Dengan kata lain, jika kamu pengguna Kredivo, kamu bisa bertransaksi kredit di merchant-merchant tersebut tanpa terkecuali asalkan limit mencukupi. 

Tren WFH juga membuat banyak e-commerce berbondong-bondong menjalankan strategi marketing yang masif dalam bentuk aneka promo. Shopee misalnya yang pada akhir bulan Maret lalu menjalankan promo potongan harga bersama dengan BNI s.d 150 ribu untuk produk makanan, minuman, dan kesehatan. Ada juga promo diskon pembelian pulsa dan paket data untuk provider Telkomsel dan Indosat. Tokopedia pun demikian. Promo gratis ongkir serta diskon untuk produk kesehatan dan kebutuhan rumah tangga juga diberikan bagi pelanggannya. 

Dengan menggunakan kredit atau pay later dari Kredivo, bisa sangat membantu kita dalam berbelanja praktis dari rumah. Bayarnya 30 hari kemudian, tanpa bunga pula. Buat para freelancer yang invoicenya belum cair, kredit pay later juga bisa membantu memenuhi kebutuhan primer sementara waktu. Kalau belanja di atas Rp 1 juta, kita juga bisa menggunakan opsi kredit dengan tenor 3/6/12 bulan dari Kredivo tanpa uang muka, dengan bunga flat hanya 2,95% per bulan. Menarik, kan?

Mulai gunakan autodebet untuk tagihan rutin bulanan

Mulai dari bayar listrik, BPJS Kesehatan, PDAM, TV kabel, internet, hingga gas, kalau bisa dibuat autodebet pembayarannya, kamu bisa buat sekarang juga. Ini dilakukan sebagai langkah antisipasi agar pembayaran nggak telat yang berujung pada suspend-nya akses penting tersebut atau bahkan denda. Belum lagi, kalau uangnya terpakai untuk kebutuhan lain dan akhirnya tagihan penting ini jadi tertunda pembayarannya. Dengan autodebet, kamu juga bisa mengecek pembayaran secara berkala dan membandingkan dengan jumlah tagihan sebelumnya kalau-kalau ada perbedaan atau lonjakan. Dengan begitu, evaluasi keuangan jadi bisa lebih mudah. 

Matikan listrik & stop kontak untuk ruangan tidak terpakai di pagi hari

Ketika bekerja atau belajar dari rumah, otomatis pemakaian listrik yang seharusnya berkurang dan bisa hemat di pagi hari karena semua orang beraktivitas, jadi sebaliknya. Tapi, ini bisa diakali kalau mau berhemat. Di pagi hari, ketika aktivitas di rumah mulai berlangsung: bekerja atau belajar, kamu bisa berkumpul di satu ruangan yang besar. Hanya di situlah lampu, stop kontak, dan pendingin ruangan bisa dinyalakan. Sementara di ruangan lain seperti kamar, pastikan lampu dan stop kontak yang tidak perlu dimatikan di pagi hari agar penggunaan listrik bisa semakin ditekan. 

Utamakan masak daripada pesan online

Karena bosan dan mati gaya, godaan jajan dari rumah lewat aplikasi ojek online memang menggiurkan. Tinggal buka aplikasi, cari-cari makanan atau jajanan yang dipingin, kemudian tekan beli. Mudah, praktis, cepat, tapi kalau keseringan jelas bisa bikin bangkrut keuangan. Kalau suka pesan online, lebih baik disiasati frekuensinya. Misalnya: dalam satu minggu hanya boleh satu atau dua kali di akhir pekan. Sementara sisa harinya, wajib masak makanan di rumah untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam. 

Pengen kopi susu kekinian yang biasa dibeli online saat di kantor? Bisa kok dibikin dari rumah! Kamu bisa berkreasi dan meracik resep kopi susu sendiri dengan kopi bubuk instan, susu full cream, gula aren, hingga susu kental manis. Dalam satu kali belanja bahan-bahan, mungkin bisa untuk 5 kali minum dan lebih hemat dibanding pesan online yang sekali beli bisa Rp20.000-an. 

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *