Cari Vaksin Hepatitis A di Surabaya? Berikut Informasi Lengkapnya


Tujuan dari pemberian vaksin imunisasi adalah untuk menjaga kekebalan tubuh yang dapat menimalkan resiko bayi terkena penyakit. Sehingga, imunisasi mempunyai manfaat yang mampu melindungi bayi dari serangan bakteri dan juga virus yang rentan terjangkit pada bayi usia dini. Salah satunya adalah vaksin Hepatitis A (HepA).

Pemberian vaksin hepatitis A ini bisa mengurangi risiko anak terinfeksi virus hepatitis A. Adapun cara kerja dari vaksin ini adalah dengan membuat sistem kekebalan tubuh mengenali virus ini, sehingga pada saat virus menyyerang, maka tubuh bisa langsung melawannya. 

Penyakit hepatitis A ini merupakan peradangan yang terjadi pada organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis A. Perlu diketahui bahwa penularan penyakit hepatitis A ini adalah melalui fecal-oral, yakni virus yang masuk melalui mulut lewat minuman atau makanan yang sudah terkontaminasi tinja penderita.

Penyakit hepatitis A ini bisa dicegah dengan beberapa cara, salah satunya adalah dengan pemberian vaksin hepatitis A. Yang mana, dengan pemberian vaksin ini akan merangsang sistem imunitas tubuh guna memproduksi antibodi terhadap virus hepatitis A. Vaksin ini sendiri berisi virus hepatitis A yang sudah dilemahkan, dan pemberiannya dilakukan dengan cara disuntikkan ke dalam otot lengan atas.

Apa Manfaat Vaksin Hepatitis A?

Pemberian vaksin hepatitis A ini harus dilakukan sebanyak 2 kali dengan jeda waktu 6-12 bulan. Di Indonesia sendiri jenis vaksin yang diberikan adalah vaksin hepatitis A dan vaksin kombinasi hepatitis A dan B. Memang vaksin hepatitis A ini bukan merupakan imunisasi yang wajib, namun tetap dianjurkan untuk diberikan, terutama kepada :

  • Anak Balita

Pemberian vaksin hepatitis A ini sebaiknya dilakukan saat anak menginak usia 2 tahun, lalu dosis yang kedua bisa diberikan 6-12 bulan setelahnya.

  • Orang Yang Berencana Pergi Wisata

Dalam hal ini, seseorang yang berencana untuk berwisata (bepergian) ke daerah dengan kasus hepatitis A yang tinggi disarankan untuk melakukan vaksinasi hepatitis A terlebih dahulu. Dosis pertama vaksin hepatitis A ini bisa diberikan sesegera mungkin setelah berencana untuk berwisata.

Orang Yang Rentan Terkena Infeksi Virus

Pemberian vaksin hepatitis A ini juga perlu dilakukan kepada kepada penderita penyakit hati kronis, pengguna narkoba, pria yang berhubungan seksual dengan sesama jenis (homo), dan orang dengan imun yang lemah.

Adapun kelompok orang yang berisiko terkena infeksi hepatitis A diantaranya penjaga atau perawat hewan, limuwan yang bekerja di laboratorium riset hepatitis A, dan tenaga medis. Sehingga kelompok orang tersebut diwajibkan untuk mendapatkan vaksin hepatitis A.

Apakah Aman Vaksin Hepatitis A Untuk Ibu Hamil?

Sebenarnya hingga saat ini belum bisa dipastikan apakah pemberian vaksin hepatitis A aman dilakukan pada ibu hamil. Akan tetapi, vaksin ini masih mungkin untuk diberikan apabila memang manfaatnya lebih besar dibandingkan risikonya. Namun, untuk lebih amannya anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk mempertimbankan perlu atau tidaknya dilakukan vaksin hepatitis A tersebut.

Disarankan untuk tidak memberikan vaksin hepatitis A dosis kedua jika orang tersebut pernah mengalami reaksi alergi yang sangat parah pada pemberian dosis yang pertama. Alergi ini bisa berupa wajah bengkak dan sesak napas setelah pemberian vaksin. Selain itu, pemberian vaksin hepatitis A juga harus ditunda jika anda mengalami sakit parah.

Cari Vaksin di Surabaya Via Halodoc!

Bagi Anda yang sedang mencari vaksin Surabaya, Anda bisa menggunakan Halodoc. Dapatkan Vaksin hepatitis A secara mudah cukup melalui aplikasi atau mengunjungi websitenya.

Have any Question or Comment?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *